Minggu, 14 Januari 2018

Perkembangan Industri Musik Di Indonesia

PERKEMBANGAN INDUSTRI MUSIK DI INDONESIA


Industri musik adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi atau komposisi, pertunjukkan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara. 
Industri musik di Indonesia saat ini sedang berkembang sangat pesat. Pasalnya banyak sekali penyanyi penyanyi Indonesia yang telah membawa nama harum Indonesia di ranah dunia. ni menjadi awal perjuangan nyata dalam mendorong musik Indonesia berdaulat di negeri sendiri. Setidaknya, ini menjadi langkah kecil untuk mewujudkan salah satu Trisakti Bung Karno yakni ‘berkepribadian dalam kebudayaan’. Musik menjadi bagian yang integral dari kebudayaan nusantara.
Sejak Indonesia merdeka , pertumbuhan musik Indonesia harus diakui memang berkembang cukup pesat seiring dengan dinamika dan inovasi di zaman yang kian modern.
Namun dalam satu dekade terakhir bisa dikatakan sektor musik di Tanah Air secara umum justru mengalami tren penurunan.
Ambil contoh soal fenomena digitalisasi musik. Dampak nyatanya sudah terlihat, antara lain kolapsnya sejumlah toko musik di daerah. Di saat bersamaan, persoalan pembajakan bukannya menurun tetapi justru bermetamorfosis mengikuti perkembangan zaman.
Dari sisi pelaku industry lebih tragis lagi. Di saat jenis profesi lainnya berlomba mendorong proteksi pada pelaku profesi, di sektor musik soal kesejahteraan justru berlaku pasar bebas. Jangan heran bila kita mendapati sejumlah kisah memilukan yang dialami musisi senior di usia senjanya.
Membludaknya industri musik pop, termasuk lagu lagu dangdut yang berlirik kurang mendidik saat ini telah mengkhawatirkan para orang tua menyusul hilangnya lagu anak anak dari pasar music kita.Namun dismping itu juga masih banyak musisi yang menciptakan lagu yang selaras dengan budaya indonesia. Masih banyakk lagu-lagu yang bisa di dengarkan tanpa khawatir lagu tersebut jika di dengarka oleh anak-anak.
Hanya saja memang beberapa tahun terakhir, lagu anak-anak sudah terlupakan, anak-anak zaman sekarang lebih cenderung menyanyikan lagu orang dewasa yang mengandung unsur percintaan, hal itu wajar saja terjadi karena sudah tidak adanya lagu anak-anak yang baru.
Banyak faktor dari komponen – komponen dalam musik pop industri yang harus berubah kalau ingin memperbaiki kualitas  lagu – lagu pop yang banyak dikeluh kan ini. 3 komponen yang harus diperhatikan ini adalah pemodal, musisi/ pencipta lagu, dan media.

     

Related Posts

0 komentar: