Selasa, 09 Januari 2018

Aneka Kerajinan Dari Kain Perca

ANEKA KERAJIAN DARI KAIN PERCA

Kain perca adalah potongan-potongan kain sisa pembuatan pakaian,  biasanya kain perca ini di anggap sebagai sampah sisa pembuatan pakayan dan dibuang oleh pemiliknya. Tapi tahukan kamu bahwa kain perca yang dianggap sebagai sampah ini bisa menjadi kerajinan tangan yang memiliki nilai jual?

Kain perca yang selama ini dianggap sebagai barang bekas yang tak berguna bisa disulap menjadi barang baru dan bermanfaat. Di tangan-tangan kreatif kain perca atau kain bekas ini akan menghasilkan pundi-pundi uang yang sangat tidak disangka. Bagaimana tidak, jika kain perca ini telah di sulap menjadi barang-barang yang sangat unik dan dan menarik pastilah sangat menarik perhatian masyarakat untuk membelinya.

Kerajinan dari kain perca nisa dikatakan sebagai gabungan dari seni tradisional yang bisa dilihat dari proses pembuatannya, dan juga seni modern yang bisa dilihat dari hasil kerajinan yang dihasilkan. Hasil dari kerajinan tangan kain perca tidak hanya memiliki nilai jual tapi juga memiliki keunikan tersendiri dari kerajinan tangan dari bahan yang lain, karna bisa dibuat menjadi berbagai macam barang yang pastinya akan bermanfaat.

Keunikan dan keindahan produk yang dihasilkan dari kreasi kain perca bisa dilihat dari paduan warna, motif serta modifikasi lainnya sesuai dengan kreativitas dari pengrajin. Kerajinan dari kain perca biasanya di jalankan dalam industri rumah tangga yang di dalamnya diisi oleh orang-orang kreatif yang mempunyai jiwa seni yang tinggi.

Dan berikut hasil dari kerajian kain perca:

1.Taplak meja

Taplak meja dari kain perca adalah ide bisnis kreatif yang sudah banyak digeluti oleh para tangan kreatif, karena taplak meja dari kain perca cukup diminati dipasaran sehingga mendatangkan keuntungan. Jika dulu taplam meja hanya dibuat dari kain dengan desain batik cap ataupun batik tulis dan motif yang monoton, sekarang industri taplak meja sudah lebih berkembang dengan adanya ide bahan dan desain. Dengan penggunaan kain perca untuk membuat taplak meja, maka akan desain taplak meja akan berbeda-beda dan unik karena masing-masing terbuat dari jenis kain dan motif yang berbeda-beda. Karena desain yang berbeda-beda ini membuat harga jualnya menjadi sedikit mahal.
Kain perca tidak dibuat dengan sembarangan dan asal-asalan karena untuk menghasilkan taplak meja harus disesuaikan perpaduan satu potong dengan potongan yang lain.





2.Bros yang lucu

Bros merupakan aksesoris lucu yang termasuk salah satu hiasan yang biasa dipakai di baju, kerudung ataupun sekedar dipakai sebagai hiasan agar penampilan semakin menarik. Biasanya bros yang lucu lucu ini dipakai oleh para kaum hawa. Disini kamu juga bisa membuat bros lucu tersebut dari kain perca.

Ide kerajinan dari kain perca berupa bros sangat cocok untuk kamu yang memiliki kain perca yang ada disekitar kamu. Untuk membuatnya kamu hanya perlu mengerutkan kain tersebut hingga bentuknya menyerupa bunga, kemudian menambahkan kancing baju untuk menambahkan daya tarik di bagian depan. Kemudian pasangi peniti di bagian belakangnya agar kreasi kain perca tersebut benar-benar menjadi bros yang siap kamu pasangkan dibaju, hijab, maupun blazer yang kamu miliki untuk membuat penampilan kamu semakin menarik.




3.Sarung Bantal

Kain perca juga bisa dimanfaatkan untuk membuat sarung bantal yang unik dan lucu. Dengan tekstur kain yang lembut dan nyaman serta gambar yang lucu pasti akan disukai oleh anak-anak, sehingga cocok untuk adik, atau anak kamu.

Cara membuatnya pun sangat mudah, kamu hanya perlu mengumpulkan kain perca, kemudian gabungkan kain-kain perca tersebut hingga menyerupai dan membentuk seperti sarung bantal, kemudian jahit setiap bagian-bagian tersebut. Untuk menambah motif kamu bisa menambahkan berbagai motif kain perca di atas sarung bantal tersebut.



4.Gantungan kunci

Gantungan kunci biasanya berbentuk kecil dan mungil, ukuran kain perca yang kecil bisa digunakan untuk membuat gantungan kunci. Uniknya, gantungan kunci dari kain perca akan sangat mencolok sehingga tidak mudah hilang. Dengan begitu, kunci yang kamu pasang di gantungan tersebut tidak akan tercecer.

Cara membuat gantungan kunci unik dari kain sisa sebenarnya tidak berbeda jauh dengan cara membuat gantungan kunci dari kain-kain lain. Tapi khusus untuk kain perca, kemungkinan besar kamu perlu menjahit terlebih dahulu kain-kain berukuran sangat kecil guna membentuk kain dengan motif mozaik yang lebih besar. Selanjutnya, kamu hanya tinggal membuat desain gantungan kunci yang kamu kehendaki, guna kemudian kamu wujudkan dengan teknik menjahit jelujur yang amat mudah dilakukan. Kerajinan dari kain perca yang telah di sulap menjadi gantungan kunc ini sangatlah manis bukan




Related Posts

0 komentar: